Kamis, 04 November 2010

Tak Berhenti Keluarkan Awan Panas Hingga Kini

Merapi erupsi lagi, Kamis (4/11/2010) pagi sekitar pukul 05.00. Awan panas  tampak meluncur bersusul-susul hingga ketinggian sekitar tiga kilometer dari Puncak Merapi.

Awan panas berwarna hitam pekat bergumpal-gumpal terlihat tertiup ke arah barat daya. Awan panas yang meluncur ini disertai suara gemuruh seperti petir berulang kali. Suara gemuruh dapat terdengar hingga Jembatan Kali Gendol yang jaraknya lebih dari 10 kilometer dari puncak Merapi.

Namun, arah angin mulai bertiup ke arah Timur sehingga warga Klaten yang berada di kawasan rawan mulai waspada untuk berevakuasi. Berdasarkan pantauan radio komunitas pemantau Merapi Balerante, hujan abu deras terjadi di Magelang dan Muntilan dari malam hingga pagi ini.

Di lereng selatan dan timur dirasakan terjadi gempa vulkanik. Dentuman juga dilaporkan dapat terdengar di Kabupaten Gunung Kidul, DI Yogyakarta. Erupsi Merapi yang dapat dilihat dengan jelas ini menjadi tontonan warga. Ratusan warga terlihat di sepanjang jalan, jembatan, dan kantor balai desa untuk menonton fenomena alam ini.