Minggu, 07 November 2010

Multi Vehicle Hagglunds Milik PMI Turun Ke Medan Bencana Merapi

VIVAnews - Dalam upaya penyelamatan dan memperlancar proses evakuasi korban letusan Merapi yang belum dapat terevakuasi, Palang Merah Indonesia (PMI) menerjunkan dua kendaraan segala medan, Hagglunds, di wilayah Cangkringan, Yogyakarta.

Hagglunds merupakan kendaraan yang dapat bergerak di es, jalan terjal dan daerah yang sulit dijangkau dengan kendaraan biasa. Dengan rantai bergerigi, kendaraan jenis ini mampu menembus area sulit, demikian rilis PMI yang diterima VIVAnews, Minggu 7 November 2010.

PMI berharap dengan kendaraan ini proses evakuasi para korban yang tidak dapat terjangkau dengan kendaraan biasa, akan berjalan dengan lancar. Kendaraan ini sebelumnya juga pernah digunakan untuk mengevakuasi korban korban bencana gempa di Padang.

Ketua PMI Jusuf Kalla memerintahkan supaya kendaraan ini dipergunakan untuk membantu proses evakuasi bekerjasama dengan Komando Pasukan Khusus (Kopassus).  “Karena Kopassus memiliki keahlian yang lebih dari pada tim-tim lain, sehingga dengan kendaraan hagglunds yang kita miliki akan memperlancar proses itu,” kata Kalla.

Sementara di Posko Watsan PMI yang ada di PKU Muhammadiyah Yogyakarta, Jusuf Kalla meminta tim untuk selalu sigap dalam pemenuhan kebutuhan air, karena air hampir sama dengan darah. Tanpa air orang tidak akan dapat hidup dan beraktifitas lancar.
Kalla juga meminta relawan PMI yang bertugas di lapangan dan posko-posko yang didirikan PMI, mengenakan lambang atau identitas PMI, supaya terlihat oleh masyarakat dimana letak pokos-posko bantuan PMI.

Hari ini, PMI telah mendistribusikan telor asin ke 4 titik barak pengungsian untuk memenuhi kebutuhan gizi pengungsi yang ada di tiap barak. "Apabila kondisi sehat maka akan dapat bertahan, karena sudah ada laporan tentang korban yang mengalami gangguan kesehatan."