Rabu, 13 Oktober 2010

Mobil Tanpa Sopir Telah Hadir

Di era kedatangan mobil pertamakalinya ke Indonesia, salah satu pemiliknya adalah sultan Solo. Ketika kereta kuda, pedati, dan kendaraan bertenaga hewan dan manusia masih populer, kehadiran kendaraan bermesin oleh masyarakat dianggap 'wah'. Bahkan mobil sultan tersebut dianggap oleh kawulanya sebagai kereta hantu karena bisa melaju tanpa tenaga penarik. How about this?

WASHINGTON, KOMPAS.com — Mobil tanpa sopir sebentar lagi sepertinya bakal terwujud. Raksasa internet, Google Inc, telah melakukan uji coba mobil tanpa sopir yang bisa berhenti dan melaju sendiri.

Mobil ini bertujuan untuk mencegah kecelakaan. Selain itu, "Mobil ini juga akan menghemat waktu dan mengurangi emisi gas karbon," kata Kepala Proyek Google Sebastian Thrun.

Dalam uji coba tersebut, mobil tak berawak buatan Google ini telah melaju sepanjang 140.000 mil (sekitar 224.000 km) di California. Mobil ini menderu tanpa sama sekali intervensi manusia dari California Utara hingga California Selatan.

Thrun mengungkapkan, mobil tersebut mengatur kecepatannya, mengetahui arah lalu lintas, dan mempunyai peta jalan. Mobil "hantu" ini memakai video kamera, sensor radar, dan laser untuk mengetahui mobil lainnya.

Para teknisi Google mengklaim, mobil buatannya lebih aman ketimbang yang konvensional. Pasalnya, reaksinya lebih cepat ketimbang yang disetir oleh manusia.

Rencana Google membuat mobil tak berawak ini sudah tercium sejak 29 September lalu. Dalam perhelatan TechCrunch, CEO Google Eric Schmidt kala itu mengatakan, mobil seharusnya bisa melaju sendiri tanpa ada yang menyetirnya. (KONTAN/Edy Can)