Sabtu, 16 Oktober 2010

Ghillie Suit Dimanfaatkan Maling

HILLSBORO, KOMPAS.com Perampok biasanya suka berbaur dan tidak menarik perhatian, tetapi calon bajingan Amerika ini membuat kamuflasenya sendiri.

Dengan mengenakan pakaian tempur lengkap yang sering dikenakan para pemburu dan penembak jitu militer yang dikenal sebagai jas Ghillie, Greg Liascos, kata polisi, bermaksud memasuki sebuah museum dengan membuat lubang di dinding fasilitas itu. Upaya tersebut hampir saja berhasil!

Liascos, kata polisi, hanya ditemukan seekor anjing polisi yang tampak menggigit-gigit di tanah di wilayah hutan terdekat. Gonggongan anjing itu membuatnya kabur," kata polisi seperti dilansir Dailymail, Sabtu (16/10/2010).

Pria berusia 36 tahun itu dituduh telah mencoba merampok Rice Northwest Museum of Rocks and Minerals di Hillsboro, Oregon, Amerika Serikat, setelah seorang pengurus menemukan debu yang tidak biasa dan tumpukan puing selama beberapa hari dan malam.

Setelah menggali lebih dalam, pengurus tadi menemukan jalan menuju sebuah lift di balik dinding toilet di museum itu. Di sana dia menemukan sebuah lubang besar di dinding kayu lapis. Dia kemudian melaporkan temuan tersebut kepada kantor sheriff wilayah Washington yang pada gilirannya mengatur pengawasan dan peralatan keamanan.

Setelah cukup yakin, petugas patroli disiagakan pada hari-hari berikutnya dan melakukan pencarian di daerah sekitar dengan menggunakan anjing polisi. Anjing tersebut menuntun para petugas ke sebuah daerah berhutan. Di sana, anjing kemudian menggigit-gigit di tanah dan Liascos pun keluar.

Liascos, dari Portland, ditangkap atas tuduhan perampokan dan kini sedang ditahan. Belum ada koleksi museum yang berhasil digondolnya.