Rabu, 27 Oktober 2010

Hanya Ke Padang, Tidak Ke Mentawai

Wakil Presiden Boediono harus menyampaikan laporan tentang kondisi kepulauan Mentawai pascabencana tsunami, kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, di Bandar Udara Internasional Minangkabau, Padang, Sumatera Barat, Rabu (27/10/2010) petang.

Wapres bersama rombongan, saat ini tengah mengadakan peninjauan ke lokasi bencana terparah di Pulau Pagai Utara, Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat. "Presiden rencananya akan menerima laporan dari Wakil Presiden Boediono mengenai kondisi daerah di Kepulauan Mentawai yang dilanda gempa bumi dan tsunami.," tutur sumber Kompas, di pesawat Pelita Air RJ-85, yang membawa Wapres berkunjung ke Kepulauan Mentawai, Sumbar, Rabu (27/10/2010) pagi ini.

Seperti yang telah diberitakan, menyusul maraknya bencana alam di Tanah Air, Presiden mempercepat kunjungan kenegaraan dan kunjungan kerjanya di Hanoi, Vietnam. Rabu sore ini pukul 16.00 WIB, Presiden Yudhoyono direncanakan tiba di Padang.

Masih berdasarkan keterangan dari sumber Kompas, setelah mendengar laporan dari Boediono, Presiden dan rombongan akan langsung bertolak ke Yogyakarta, untuk melihat dari dekat penanganan bencana letusan Gunung Merapi yang terjadi Selasa (26/10/2010) sore. Kabarnya, Presiden akan bermalam di Yogyakarta, sebelum kembali ke Hanoi, Vietnam, untuk menghadiri pertemuan KTT ASEAN dan KTT Asia Timur.

Presiden sejak Senin (26/10/2010) lalu, meninggalkan Indonesia untuk menghadiri forum bisnis China dan RI serta pameran di Shanghai, China, dan melakukan kunjungan kenegaraan di Hanoi, Vietnam. Semula, Presiden dijadwalkan pulang ke Tanah Air pada Minggu (31/10/2010) siang hari.