Jumat, 08 Oktober 2010

God Gave Rock N Roll To You

Disc Jockey asal Cleveland Amerika Serikat Alan Freed, diduga pertamakali yang mengumandangkan istilah rock n roll ke masyarakat musik dunia umumnya, setelah memainkan hits berjudul My Baby Rocks Me with a Steady Roll. Terus mengartikulasikan rock and roll ke dalam benak khalayak. Mirip dogma yang disuntikkan ke alam pemikiran manusia. Saat itu tahun 1951, dimana musik rock and blues berjaya. Dan memang, Rock n Roll merupakan pengembangan dari genre musik tersebut. Dan..., pada awalnya istilah rock n roll itu merupakan bahasa isoterik atau bahasa kamuflase yang berarti ajakan bercinta wanita yang akan ditidurinya.

Karakter musik blues adalah elektrik gitarnya yang kuat menggenjot rhythm-nya dengan aksen offbeat yang kental. Suara gitar ini menjadi ciri gaya hidup anak muda di zamannya yang ingin keluar dari aturan sosial. Di dalam musik rock n roll, terdapat kandungan rhythm and blues, country music, dan... gospel. Berkat bantuan penemuan amplifier untuk mengeluarkan nada gitar lebih kuat lagi, aksen beat-nya dibuat makin berat dan mengurangi tingkat kesulitan permainan gitar. Seperti contoh, mengurangi melodi dan lebih mengutamakan rhythm. Meski pada era-era selanjutnya, melodi adalah 'kekasih' rhythm pada tiap permainan rock n roll.

Studi tentang rock n roll kebanyakan bermula dari performa Bill Haley and His Comets. Di beberapa penampilannya dan hasil recordingnya, Meski harus mengurai secara seksama hasil karyanya, setidaknya ada beberapa pakem yang menjadi bakal kelahiran rock n roll.

Wynonie Harris pada perform recordingnya di tahun 1947 dengan Good Rocking Tonight-nya, merupakan dominasi rhythm yang menjadi tren di akhir 40-an. Namun ketika Elvis Presley dijadikan icon untuk me-repackage lagunya di tahun 50-an, nuansa rock n roll menjadi begitu kental dikeluarkannya.
Scott Jopllin
Stephen Foster
Louis Jordan
 Kolonialisme, akulturasi budaya, emansipasi, memboyong apresiasi seni lebih luas lagi. Kulit hitam ternyata membawa peranan mutlak proses kelahiran rock n roll. Amerika sebagai freedom land mempertemukan kebudayaan-kebudayaan asing mengalir deras di teritorialnya. Scott Joplin, anak seorang pramuwisma, mendapat kesempatan belajar dari majikannya yang orang Jerman dan membawa kebudayaan musik klasik ke tanah Amerika. Stephen Foster yang memiliki nama lengkap Stephen Collin Foster adalah bapak musik Amerika. 150 karyanya melandasi karakteristik musik Amerika yang dianggap 'tak punya budaya'. Louis Jordan dijuluki The King of Jukebox, karena mampu menentukan arah tatanan musiknya dari hasil mengawinkan berbagai genre musik. Dari ketiga orang musisi tersebut, dilakukan penelitian atas hasil karyanya dan mendapatkan kesimpulan bahwa rock n roll yang dikenal saat ini adalah musik yang penuh dengan penganugerahan karya berbagai lintas budaya dan pengaruh musik berbagai daerah.